Berita

ARAH PENGEMBANGAN POLITEKNIK PARIWISATA BALI
12 Mar 2020 | Komentar

Politeknik Pariwisata Bali, dengan taglinenya "Centre of Excellence" siap mencetak insan pariwisata yang unggul. Unggul yang dimaksud tidak hanya berarti memiliki kompetensi profesional yang mumpuni dan mampu bersaing di bidangnya, namun juga mampu menunjukkan diri sebagai great leader, great people dan berdaya saing global. Kualitas lulusan yang unggul sebagai profesional dan human dapat dicapai dengan keseimbangan approach "High-Tech dan High-Touch"

Dalam pembelajaran yang High-Tech, mahasiswa akan memperoleh pengetahuan terkini yang sesuai dengan perkembangan industri serta di-expose dengan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pembelajaran yang Hi-Tech akan membentuk mahasiswa menjadi insan pariwisata yang berdaya saing global, mampu menghadapi tantangan kemajuan industri yang berkembang pesat, berketerampilan tinggi serta percaya diri.

Untuk menjadi insan pariwisata yang unggul, tidak hanya cukup memiliki kompetensi profesi yang kompetitif, tetapi diperlukan juga terbentuknya soft skills, yaitu karakter yang baik dan kemampuan untuk berkolaborasi secara fleksibel dengan lingkungan sekitarnya. Pembentukan soft skills atau karakter dan kemampuan berkolaborasi adaptif tersebut dilaksanakan melalui approach "Hi-Touch". Pendidikan tidak hanya mengisi aspek kognitif dan membentuk keterampilan, namun juga perlu membentuk soft-skill karena outcome dari pendidikan adalah "manusia." Personal touch akan membentuk manusia yang peka dan mampu merespon secara tepat tantangan yang dihadapi melalui kolaborasi yang baik. Kemampuan kolaborasi dan kompetensi profesi yang didukung dengan karakter yang baik akan menjadikan lulusan "more than excellent". Di tangan para insan pariwisata yang unggul, pariwisata akan mampu berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat secara sustainable.

 

Oleh : Ida Bagus Putu Puja (Direktur Poltekpar Bali)

Bagikan :

Selengkapnya

22 May 2020
Prodi MBP Poltekpar Bali bersama Estepers mengadakan Webinar E-Learning “Introduce to Cargo Industry”
Detail
22 May 2020
Prodi MKH Poltekpar Bali bersama Estepers Gelar E-Learning “Destination and Venue Marketing”
Detail
Facebook