Cegah Corona , Direktur Poltekpar Bali Keluarkan Himbauan

4 Mar 2020 Cegah Corona , Direktur Poltekpar Bali Keluarkan Himbauan

Coronavirus (CoV) adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan sampai berat. Ada setidaknya dua jenis coronavirus yang diketahui menyebabkan penyakit yang dapat menimbulkan gejala berat seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV). Novel coronavirus (2019-nCoV) adalah virus jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Virus corona adalah zoonosis (ditularkan antara hewan dan manusia). Penelitian menyebutkan bahwa SARS-CoV ditransmisikan dari kucing luwak (civet cats) ke manusia dan MERS-CoV dari unta ke manusia. Beberapa coronavirus yang dikenal beredar pada hewan namun belum terbukti menginfeksi manusia.

Informasi dari Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menyatakan tanda-tanda dan gejala klinis yang dilaporkan sebagian besar adalah demam, dengan beberapa kasus mengalami kesulitan bernapas, dan hasil rontgen menunjukkan infiltrat pneumonia luas di kedua paru-paru. Manifestasi klinis biasanya muncul dalam 2 hari hingga 14 hari setelah paparan. Tanda dan gejala umum infeksi coronavirus. Rekomendasi standar untuk mencegah penyebaran infeksi dengan mencuci tangan secara teratur, menerapkan etika batuk dan bersin, memasak daging dan telur sampai matang. Hindari kontak dekat dengan siapa pun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin

Hingga 4 Maret 2020 tercatat 93.160 orang terpapar Virus Corona di berbagai belahan dunia. Virus Corona telah menjadi perhatian dunia, oleh sebab itu Politeknik Pariwisata Bali sudah mengambil tindakan tegas terkait pencegahan ini seperti dibuatkannya himbauan cara pencegahan Virus Corona serta himbauan/peraturan bagi yang berpergian ke luar negeri wajib mendapatkan Surat Keterangan Medis Bebas dari Virus Corona sepulang dari Luar Negeri. Himbauan dan Peraturan yang dibuat mengacu pada Surat Edaran Kementerian Kesehatan Republik lndonesia No: SR.02.O2llV27Ol2020 tentang Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi lnfeksi Corona Virus.

Direktur Politeknik Pariwisata Bali Drs. Ida Bagus Putu Puja, M.Kes menghimbau seluruh civitas agar tidak panik dalam menghadapi wabah virus corona dan tidak mempercayai berita hoax terkait virus tersebut.  “Kami telah mengeluakan himbauan dan peraturan terkait Virus Corona sehingga diharapkan seluruh keluarga besar Politeknik Pariwisata Bali dapat memproteksi dirinya masing-masing. Lindungilah orang yang kita sayang dan lindungilah orang disekitar kita dengan tetap menjaga kondisi kesehatan sehingga kita terhindar dari virus corona dan penyakit lainnya “ Ungkap Drs. Ida Bagus Putu Puja, M.Kes selaku Direktur Politeknik Pariwisata Bali.

 

Bagikan: