Mahasiswa Politeknik Pariwisata Bali Ciptakan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Excel bagi Desa Wisata Pinge

1 Apr 2022 Mahasiswa Politeknik Pariwisata Bali Ciptakan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Excel bagi Desa Wisata Pinge

Manajemen Akuntansi Hospitaliti A 2018 Politeknik Pariwisata Bali mampu berkreasi secara inovatif. Sejumlah 29 orang mahasiswa tersebut membuat terobosan positif penyusunan sistem informasi akuntansi berbasis excel di Desa Wisata Pinge, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan.

I Dewa Ayu Rai Sumariati, SE, MSi, Kordinator Program Studi Management Akuntansi Hospitaliti mengungkapkan Desa Pinge dipilih dari sekian Desa Wisata yang ada di Bali karena Desa Wisata Pinge sudah resmi berbadan hukum berdasarkan SK Bupati Tabanan Nomor 337 Tahun 2004. Selain itu, Desa Wisata Pinge juga banyak dikunjungi oleh para wisatan, didukung dengan SDM dan kerjasama dengan pihak sekolah luar. Berdasarkan hasil dari survey yang dilakukan mahasiswanya, ditemukan beberapa kendala yang masih dialami oleh Desa Wisata Pinge, terkhusus pada bidang akuntansi seperti pencatatan yang dilakukan masih belum sesuai standar akuntansi yang berlaku. Dan tidak adanya formulir fomulir pendukung dalam proses pencatatan akuntansi. "Sistem pengelolaan keuangannya masih menggunakan yang sederhana. Harapan kami, dengan menggunakan sistem informasi akuntansi berbasis excel ini lebih akuntabel dan transparan," ungkapnya dalam Seminar Hasil Aplikasi Manajemen Akuntansi Hospitaliti Kelas A di Kampus Politeknik Pariwisata Bali, Jumat (25/03/2022).

Anak Agung Ngurah Pranajaya Dharma Wijaya, Ketua Aplikasi Management MAH A sekaligus sebagai perwakilan mahasiswa MAH A 2018  mengatakan, berdasarkan hasil observasi yang dilakukan didapatkan beberapa hal yang telah pihaknya rancang sebagai solusinya, seperti merancang sistem informasi akuntansi berbasis excel dimana pada sistem tersebut nantinya akan memuat siklus akuntansi yang terjadi di Desa Wisata Pinge, baik penerimaan kas maupun pengeluaran kas yang nantinya akan menghasilkan laporan keuangan.

Selain sistem akuntansi berbasis excel kami juga telah membuat beberapa jenis formulir pendukung yang nantinya akan menunjang proses pencatatan keuangan yang terjadi. "Kelebihan dari sistem ini adalah tanpa menggunakan internet. Dan dengan menggunakan sistem ini, dapat mencegah terjadinya manipulasi dan penyimpangan karena disiapkan juga beberapa formulir pendukung," katanya.

Ketua Badan Pengelola Desa Wisata Pinge, Anak Agung Ngurah Putra Arimbawa, SP mengucapkan rasa terimakasih yang sebesar - besarnya kepada pihak kampus Piliteknik Pariwisata Bali dan terkhusus mahasiswa program studi manajemen akuntasi hospitaliti yang telah membuat terobosan yang sangat positif bagi Desa Wisata Pinge dalam manajemen pengelolaan keuangan. "Kami sampaikan terimakasih karena sudah membantu kami untuk belajar akuntansi. Program ini benar - benar sangat bermanfaat buat kami dan harapan kami dapat digunakan secepatnya. Dan kami akan bekerjasama dengan STT untuk penggunaan sistem ini dalam pengelolaan keuangan. Pengelolaan Desa Wisata Pinge ini konsepnya ngayah, jadi tidak ada penyimpangan," ujarnya.

Direktur Politeknik Pariwisata Bali Drs Ida Bagus Putu Puja, M Kes yang diwakili Wakil Direktur 1, Drs I Wayan Muliana, M Ed mengatakan, hal ini merupakan proses belajar berkelanjutan. Para mahasiswanya menciptakan sistem informasi akuntansi berbasis excel di Desa Wisata Pinge, Kabupaten Tabanan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengelola. "Tujuannya ciptakan inovasi bermanfaat bagi masyarakat atau pengabdian ke masyakat. Politeknik Pariwisata Bali siap mencetak SDM yang berkualitas di bidangnya. Dan semoga ini dapat diikuti oleh adik - adik angkatan mereka selanjutnya. Dan sekedar informasi, Politeknik Pariwisata Bali saat ini juga sudah membuka penerimaan mahasiswa baru," ungkapnya. (*)

Bagikan: