PKM Prodi MTH Poltekpar Bali Dorong Peningkatan Keterampilan SDM Pariwisata di Desa Celuk Sukawati

19 Sep 2022 PKM Prodi MTH Poltekpar Bali Dorong Peningkatan Keterampilan SDM Pariwisata di Desa Celuk Sukawati

Desa Celuk, Sukawati, Kab. Gianyar dikenal sebagai desa pengrajin emas dan perak yang tersohor di Bali. Hampir seluruh warga desa merupakan pengarjin emas dan perak sebagai mata pencaharian. Sederet toko emas dan perak dengan mudah ditemukan di sepanjang jalan di Desa Celuk, Sukawati. Namun, kunjungan wisatawan mancanegara semakin menurun dirasakan dimulai dari peristiwa Bom Bali dan menurun drastis saat pandemi Covid-19. Hal ini mempengaruhi penghasilan warga Desa Celuk yang semakin rendah.

Saat ini, industri hospitaliti dan pariwisata mulai dilirik dan dikembangkan oleh warga Desa Celuk sebagai alternatif solusi pemertahanan ekonomi warga. Hal tersebut dapat dilihat dari mulai kembangkannya atraksi wisata dan pembangunan villa serta homestay. Namun, meskipun didukung dengan potensi alam yang baik, pembangunan destinasi wisata ini masih belum didukung oleh potensi Sumber Daya Manusia (SDM) di Desa Celuk yang masih belum memiliki pengetahuan dasar tentang industri hospitaliti. Oleh karena itu, Politeknik Pariwisata Bali (Poltekpar Bali) melalui Program Studi Manajemen Tata Hidangan (MTH) melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk memberikan solusi pada permasalahan tersebut.

PKM Prodi MTH di Desa Celuk dilaksanakan selama dua hari yakni Jumat hingga Sabtu, 16 – 17 September 2022. Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan di Kantor LPD Desa Celuk, dikemas dalam bentuk Pelatihan Dasar Wine, English for Restaurant, Menu Design dan Breakfast Menu. Bedasarkan laporan Ketua Panitia, Ni Luh Suastuti, S.ST.Par., M.Par., CHE, kegiatan pengabdian ini dilaksanakan selain sebagai pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, namun juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan serta keterampilan mendasar di bidang tata hidangan. Dukungan juga diberikan oleh Perbekal Desa Celuk, I Nyoman Rupadana. Beliau mengungkapkan bahwa saat ini warga Desa Celuk telah menunjukkan perpindahan mata pencaharian menjadi pelaku wisata. “Desa Celuk telah bekerjasama dengan Desa Wisata di Gianyar dalam mengembangkan potensi wisata di Desa Celuk, salah satunya dengan membuka villa, homestay, dan Silver Class”, ungkap Rupadana. Beliau menambahkan, dalam pelaksanaannya Desa Celuk masih minim dalam hal akomodasi makanan dan minuman termasuk di dalamnya keterampilan SDM yang masih rendah. Oleh karena itu, besar harapan agar para peserta yang terdiri dari 30 pelaku pariwisata di Desa Celuk dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan dapat menerapkan ilmu yang diterima.

Direktur Poltekpar Bali yang diwakili oleh Sekretaris Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Poltekpar Bali, Ni Made Tirtawati, S.Si., M.Par., mengungkapkan bahwa Poltekpar Bali melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang saat ini diselenggarakan oleh Prodi MTH diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam kebangkitan pariwisata di Desa Celuk melalui peningkatan kualitas SDM. Beliau juga berharap agar Desa Celuk yang sebelumnya dikenal sebagai pengrajin emas dan perak agar dapat mengembangkan potensi wisata dimana wisatawan tidak hanya singgah, namun wisatawan juga diberikan alternatif atraksi wisata lainnya yang beragam dengan akomodasi makanan dan minuman yang memadai. Tak hanya memberikan sambutan, Sekretaris P3M Poltekpar Bali juga membuka secara resmi kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di Kantor LPD Desa Celuk.

Seluruh peserta yang mayoritas masih tergolong muda terlihat antusias mengikuti kegiatan pelatihan. Selain diberikan pemaparan teori, peserta juga diajak untuk melakukan praktek secara langsung baik pada materi English for Restaurant hingga fruit cutting. Menurut seorang peserta, Mega (mahasiswa), kegiatan ini memberikan manfaat lebih karena materi diberikan langsung oleh dosen-dosen yang berpengalaman apalagi mendapatkan ilmu baru tentang wine dan Bahasa Inggris untuk Restoran yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

 

Bagikan: