POLTEKPAR BALI GELAR AKSI BERSIH PANTAI SAMBUT WORLD TOURISM DAY 2022

17 Sep 2022 POLTEKPAR BALI GELAR AKSI BERSIH PANTAI SAMBUT WORLD TOURISM DAY 2022

Pantai Pandawa adalah salah satu kawasan wisata di area Kuta Selatan, kabupaten Badung, Bali. Pantai ini terletak di balik perbukitan dan sering disebut sebagai pantai yang rahasia karena tidak banyak orang yang datang, di sekitar pantai ini terdapat dua tebing yang sangat besar yang pada salah satu sisinya dipahat lima patung pandawa dan dewi kunti. Pada kesempatan ini dalam rangka memeriahkan kegiatan WTD (World Tourism Day) yang ke-42 dengan tema “Re-thinking Tourism” dengan tujuan sebagai upaya untuk menguatkan SDM dalam bidang pariwisata, Politeknik Pariwisata Bali mengadakan kegiatan membersihkan Pantai di area Pandawa. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari jumat 16 September 2022, pada pukul 07.00 sd 09.00. Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Direktur Politeknik Pariwisata Bali  Drs. Ida Bagus Putu Puja, M.Kes dan di ikuti oleh Manajemen,Dosen dan  perwakilan mahasiswa Politeknik Pariwisata Bali. Kegiatan tersebut meliputi pembersihan pantai, pengumpulan sampah plastik, dan pemilahan sampah sehingga mempermudah dalam pengolahan. Bapak direktur Ida Bagus Putu Puja mengatakan bahwa gerakan pembersihan pantai ini dilakukan dengan tujuan untuk memelihara dan merawat daya tarik wisata pantai Pandawa tersebut. Selanjutnya hal tersebut juga bertujuan untuk mendidik serta menciptakan calon insan dalam bidang pariwisata di Indonesia, dengan cara memelihara serta menjaga dan membantu untuk melaksanakan kebersihan hal tersebut merupakan langkah awal yang baik untuk terjun langsung dalam merawat tempat tempat pariwisata di Indonesia.

Kegiatan ini juga mendapatkan respon yang positif dari para mahasiswa/mahasiswi Politeknik Pariwisata Bali. Salah satu mahasiswa ADH (Administrasi Perhotelan) yaitu I Gede Dedi Putra Kusuma mengatakan bahwa para mahasiswa sangat antusias dalam menjalankan kegiatan kebersihan pada area pantai Pandawa, dapat dilihat bahwa kesiapan serta peralatan yang di bawa oleh para mahasiswa sangat maksimal, selanjutnya hal tersebut dapat di lihat pula bahwa para mahasiswa mengikuti kegiatan ini dengan ceria dan tidak adanya tekanan pada proses berlangsung. Kawasan yang dijadikan titik – titik kegiatan bersih pantai pada hari ini adalah di area pesisir pantai dan memprioritaskan pengumpulan sampah plastik serta dilakukan kegiatan penguburan rumput laut yang ada di daerah tersebut. Manfaat kegiatan ini menurut Dedi adalah objek-objek pariwisata di Bali dapat terlihat bersih dan terawat, khususnya di pantai Pandawa yang sekarang sudah mulai banyak pengunjungnya dan untuk para mahasiswa kegiatan ini bisa menjadi tempat untuk mengenal satu sama lain dan semakin dekat, serta bekerja sama dalam menjalankan kegiatan bersih-bersih tersebut. Harapan dari dedi pada kegiatan ini adalah semoga kegiatan acara WTD yang dilaksanakan pada tahun ini bisa berjalan dengan lancar dan bisa berjalan sesuai ekspektasi yang diharapkan hingga puncak acara nantinya. 

Pelaksanaan kegiatan bersih pantai ini diketuai oleh ibu Dr. Ida Ayu Putri Widawati, SE., M. Si., menurut ibu Ayu pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membenahi pariwisata kembali setelah melewati pandemic covid-19 melalui pembangkitan pariwisata berkelanjutan yang berkualitas dengan mengutamakan kesejahteraan rakyat. 

Ketua kegiatan pembersih pantai  juga menyampaikan adanya rangkaian kegiatan lainnya untuk memeriahkan WTD seperti melaksanakan yoga ketawa yang sudah dilaksanakan pada tanggal 9 september 2022, pembersihan pantai pada hari ini 16 september 2022, serta kegiatan yang akan dilakukan pada tanggal 28 september 2022 yakni penanaman bibit mangrove begitu juga kegiatan pelepasan tukik yang dilakukan secara bersamaan sebagai pelestarian lingkungan serta kegiatan yang akan dilakukan pada puncak acara ada pagelaran tari masal, seminar serta kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan oleh kampus Politeknik Pariwisata  Bali.  





Bagikan: