Berita

Poltikenik Pariwisata Bali Masuk 14 Teratas Perguruan Tinggi Terbaik dalam Pendampingan Desa Wisata 2020
2 Dec 2020 | Komentar

Buah manis dirasakan oleh Politeknik Pariwisata Bali, khususnya pada tim pendampingan desa wisata Cau Belayu. Pada Rabu, 2 Desember 2020, Politeknik Pariwisata Bali mendapatkan anugerah penghargaan Perguruan Tinggi Terbaik Pendampingan Desa Wisata 2020.

 

Direktur Politeknik Pariwisata Bali beserta dengan Ketua Pendampingan Desa Wisata Cau Blayu dan perwakilan dari Desa Cau Blayu menghadiri undangan apresiasi perguruan tinggi terbaik pendampingan desa wisata tahun 2020 di Hotel Raffles, Jakarta, pada 2 Desember 2020. Undangan diberikan lantaran Poltekpar Bali menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik dalam program pendampingan desa wisata 2020. Poltekpar Bali berhasil menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik diantara ratusan perguruan tinggi lainnya. Program perlombaan pendampingan desa wisata dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dalam hal ini, Poltekpar Bali memilih Desa Cau Blayu sebagai desa dampingan. 

Desa Cau Blayu merupakan desa di daerah Marga, kabupaten Tabanan. Keberadaan Desa Cau Blayu sebagai desa wisata belumlah terlalu panjang. Pada tahun 2020, bupati Tabanan menetapkan desa Cau Blayu sebagai desa wisata di kabupaten Tabanan. Hal ini membuat Desa Cau Blayu mulai belajar sebagai desa wisata yang baik. Namun, sebagai desa wisata baru, Cau Blayu dirasa masih memerlukan pendampingan dalam pengelolaan, pengembangan dan pemasaran potensi-potensi wisata yang terdapat di wilayah desa. Berdasarkan latar belakang tersebut, tim pendampingan desa wisata Poltekpar Bali mulai melakukan berbagai program dalam pelaksanaan pendampingan di Desa Cau Blayu.

Berbagai rangkaian kegiatan telah dilaksanakan dalam pendampingan Desa Cau Blayu dalam pengembangan desa Cau Blayu. Dimulai dari kegiatan Training of Trainer (ToT) pada bulan Juli, penjajagan dalam mengetahui kondisi dan potensi desa pada bulan Agustus, bimbingan teknis pendampingan desa wisata pada September dan juga pemetaan potensi dan pembuatan story line pada bulan yang sama. Pada bulan Oktober dilaksanakan kerja bakti memberseihkan area desa wisata Cau Blayu dan kegiatan pelatihan pengembangan desa wisata. Visitasi dan penilain juri pada bulan November yang dilaksanakan langsung di Desa Cau Blayu.

Pada malam penganugerahan ini, dihadiri pula oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Wishnutama Kusubandio, secara virtual melalui aplikasi zoom. Dalam sambutannya, beliau sangat mengapresiasi program pendampingan desa wisata ini dan berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam menggali potensi wisata baru di Indonesia. Pada kesempatan yang sama Bapak Wisnutama juga membuka acara secara langsung. Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan, Bapak Wisnu Bawa Tarunajaya, turut menegaskan bahwa proses pendampingan desa wisata ini telah melalui tahapan yang amat panjang dimana terdapat 105 perguruan tinggi yang berpartisipasi, lalu terdapat 92 perguruan tinggi yang mengumpulkan laporan hingga akhirnya dipilih 20 besar terbaik di seluruh Indonesia.

Malam Apresiasi Perguruan Tinggi Terbaik dalam Pendampingan Desa Wisata Tahun 2020 merupakan malam selebrasi dimana perguruan tinggi telah berhasil dalam mendampingi desa wisatanya masing-masing dan mampu mengembangkan potensi wisata di desa tersebut. Seluruh perguruan tinggi dan desa dampingan telah berupaya keras dalam melaksanakan kegiatan dengan baik. Politeknik Pariwisata Bali dengan desa dampingan Desa Cau Blayu berhasil masuk 14 Peringkat Teratas. Direktur Politeknik Pariwisata Bali mewakili untuk menerima penghargaan berupa plakat, piagam dan uang tunai. Pengumuman berlanjut pada tahap 6 peringkat teratas perguruan tinggi dalam pendampingan desa wisata tahun 2020. Keluar sebagai juara I adalah Sekolah Tinggi Pariwisata Riau dengan desa dampingan Desa Wisata Kampung Patin.

 

Berikut hasil akhir 6 Peringkat Teratas:

Juara 1 : Sekolah Tinggi Pariwisata Riau

Juara 2 : Akademi Pariwisata Mandala Bhakti

Juara 3 : Universitas Negeri Jakarta

Harapan 1 : Universitas Fajar

Harapan 2 : Politeknik Internasional Bali

Harapan 3 : STP Trisakti

 

 

Bagikan :

Selengkapnya

20 Jan 2021
‘Zoom-in-to Poltekpar Bali’ Mengenal Lebih Dekat Politeknik Pariwisata Bali
Detail
29 Dec 2021
Kunjungan Kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, di Politeknik Pariwisata Bali
Detail
Facebook