Prodi Manajemen Kepariwisataan (MKP) Poltekpar Bali Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Dukuh, Karangasem

23 Sep 2022 Prodi Manajemen Kepariwisataan (MKP) Poltekpar Bali Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Dukuh, Karangasem

Program Studi Manajemen Kepariwisataan (MKP) Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali melaksanakan pengabdian masyarakat dengan tema kegiatan “Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Dukuh Penaban Di Kabupaten Karangasem” yang berlangsung di Wantilan Singarsa Gosana, Museum Pustaka Lontar Desa Dukuh Penaban Karangasem pada Sabtu-Minggu, 17-18 September 2022. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Jurusan Kepariwisataan Politeknik Pariwisata Bali, Ibu Dr. Ida Ayu Putri Widawati, SE., M.Si dan turut hadir Lurah Karangasem serta Bendesa  Adat Dukuh Penaban.

Pengabdian masyarakat ini akan dilaksanakan dalam bentuk pendampingan bagi stakeholder pariwisata di wilayah Desa Dukuh Penaban. Sebagai kegiatan tahap pertama dalam kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Dukuh Karangasem, Program Studi MKP melakukan pelatihan terkait pengelolan desa wisata. Pada tahap ini fasilitator yakni dosen dari Prodi MKP memberikan materi mengenai tata kelola desa wisata yang berkelanjutan serta mengundang narasumber yang kompeten dibidangnya.

Pada hari pertama yaitu Sabtu  (17/09) materi pertama dibawakan oleh fasilitator Ni Made Tirtawati, S.Si.,M.Par. dengan tema “Potensi Desa Wisata”, kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Narasumber I Putu Suada dengan Tema “Best Practice : Pengelolaan Desa Wisata Munggu”. Kegiatan berlanjut pada hari Minggu (18/09)  dengan agenda Pemberian Materi oleh Fasilitator  Dr. I Wayan Mertha, SE. M.Si. dengan Topik “Best Practice Tata Kelola Desa Wisata”.

Kegiatan pendampingan ini dihadiri oleh Bendesa Adat, Kepala Lingkungan, Kelian Subak, Pokdarwis, Pemuda, PKK Desa Dukuh Penaban sebanyak 30 orang dan diakhiri dengan kegiatan Presentasi Peserta Pelatihan dan Kunjungan ke Museum Pustaka Lontar.

Bagikan: