Program Studi Administrasi Perhotelan Politeknik Pariwisata Bali Gelar Pelatihan Pengelolaan Pelayanan dibidang Food and Beverage bagi Pengelola Akomodasi Wisata Dajan Danu diDesa Candi Kuning, Bedugul, Tabanan

23 Jun 2022 Program Studi Administrasi Perhotelan Politeknik Pariwisata Bali Gelar Pelatihan Pengelolaan Pelayanan dibidang Food and Beverage bagi Pengelola Akomodasi Wisata Dajan Danu diDesa Candi Kuning, Bedugul, Tabanan

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali  yang dilaksanakan oleh  Program Studi Administrasi Perhotelan merupakan salah satu dari tugas pokok atau fungsi dari sebuah Lembaga Pendidikan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian dan kepada  masyarakat (PKM).  Kegiatan ini  merupakan   kelanjutan dari  program kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Desa Candi Kuning yang sudah dilakukan sebelumnya dalam upaya meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pengelolaan akomodasi wisata.  Kali ini kegiatan  berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 11-12 April 2022 mengambil thema   “Pelatihan  Pengelolaan Pelayanan di bidang Food and Beverage bagi Pengelola Akomodasi  Wisata Dajan Danu Bedugul” yang  secara resmi dibuka  oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan, Bapak Drs. I.G.N Suryana dan  dihadiri pula oleh Perbekel Desa  Candi Kuning yang diwakili oleh Sekretaris Desa Candi Kuning.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)  Poltekpar Bali, Drs.  I Gusti Agung Suprastayasa,M.Ed dalam sambutannya yang sekaligus mewakili Direktur Politeknik Pariwisata Bali mengucapkan terima kasih  kepada  Perbekel Desa Candi Kuning beserta jajarannya  yang telah memfasilitasi kegiatan PKM ini sehingga dapat terlaksana dengan baik.  Diharapkan kegiatan  ini dapat memberikan kontribusi, kususnya  kepada para peserta kegiatan dan juga kepada masyarakat desa Candi Kuning  secara umum.  Kerjasama yang telah terjalin sangat baik selama ini semakin dipererat dengan Penandatanganan  MOA (Memorandum of Agreement) antara Prodi Administrasi Perhotelan (ADH)dengan Desa Candi Kuning dan diharapkan dapat ditingkatkan dengan adanya MOU antara  Politeknik Pariwisata Bali dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan untuk menjalin kerjasama yang berkaitan dengan pariwisata.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Ini melibatkan 30 peserta terdiri dari para pengelola dan karyawan akomodasi wisata khususnya glamping di Desa Candi Kuning.  Bentuk dari kegiatan pengabdian ini berupa Pelatihan  Pelayanan Di Bidang Food & Beverage. Kegiatan PKM ini dilaksanakan agar Masyarakat dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang pelayanan prima khususnya di bidang food and beverage serta masyarakat dapat memahami tentang kebijakan pengelolaan akomodasi wisata khsuusnya glamping.  Kegiatan di hari pertama adalah sosialisasi  dengan mengundang narasumber dari Dinas Pariwisata  Kabupaten Tabanan  dan juga narasumber Praktisi pengelola glamping.  Sedangkan pada hari kedua,  dilakukan kegiatan praktek yaitu table set up  dan cooking class membuat Tom Yum Soup dan Barbeque & Grill dari dosen dan mahasiswa ADH.

Adapun Narasumber dalam kegiatan ini merupakan kolaborasi dari stakeholder pariwisata diantaranya Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan Bapak Drs. I.G.N Suryana yang memaparkan Kebijakan Pengelolaan Akomodasi Wisata Dajan Danu dan pemaparan mengenai Pengelolaan Glamping oleh Praktisi Glamping di Kintamani yaitu  Ibu Ni Made Ratih Kumala Dewi, Operational Manager Alam Caldera, Kintamani Bali.

Koordinator Prodi Administrasi Perhotelan (ADH),  I Gusti Agung Witarsana,S.STPar, MM, CHE  dalam laporannya  menyampaikan, “kegiatan PKM  yang dilaksanakan selama 2 hari ini tidak hanya berlangsung di ruangan ini saja  berupa kegiatan sosialisasi namun juga akan langsung dilakukan praktek untuk bisa meningkatkan   skill para peserta” sehingga masyarakat desa candi kuning dapat memperoleh pengetahuan dan praktek  untuk mengembangkan akomodasi  wisata yang ada di desa candi kuning  khususnya untuk wisata glamping.

Perbekel Desa Candi Kuning yang diwakili  oleh Sekdes Bapak I Nengah  Mudita  menyampaikan apresiasinya atas komitmen  Politeknik Pariwisata Bali untuk melanjutkan  kegiatan PKM yang telah dilakukan sebelumnya  pada tahun 2021 yang lalu.  Candi Kuning yang selama ini telah dikenal secara luas sebagai Obyek wisata Bedugul dengan  Pura Ulun Danu Beratan sebagai destinasi utamanya akan dapat semakin meningkatkan kualitas pelayanan kepada wisatawan yang berkunjung. Beliau juga mengharapkan mudah – mudahan dengan adanya Pelatihan dalam rangka kegiatan  Pengabdian kepada Masyarakat oleh Prodi Administrasi Perhotelan (ADH)  Poltekpar Bali ini dapat semakin memajukan wisata di Candi Kuning dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pelayanan prima khususnya di bidang Food and Beverage bagi Pengelola akomodasi Wisata Glamping yang ada didesa Candi Kuning.

Bagikan: