Program Studi Pariwisata Destinasi Pariwisata (DPW) Politeknik Pariwisata Bali Gelar Sosialisasi Tata Kelola Desa Wisata dan Pemanfaatan Media Digital Di Desa Wisata Kedisan,Gianyar

27 Jun 2022 Program Studi Pariwisata Destinasi Pariwisata (DPW) Politeknik Pariwisata Bali Gelar Sosialisasi Tata Kelola Desa Wisata dan Pemanfaatan Media Digital Di Desa Wisata Kedisan,Gianyar

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali yang dilaksanakan oleh Program Studi Destinasi Pariwisata merupakan salah satu dari tugas pokok atau fungsi dari sebuah Lembaga Pendidikan Tinggi yaitu Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan ini merupakan kegiatan pendampingan selama 3 tahun yang dilaksanakan oleh Prodi DPW, Kali ini kegiatan berlangsung pada tanggal 26 Juni 2022,  mengambil tema “ Sosialisasi Tata Kelola Desa Wisata dan Pemanfaatan Media Digital Di Desa Wisata Kedisan,Gianyar.”

Pengabdian Masyarakat (PKM) ini dibuka langsung oleh Bapak Direktur Poltekpar Bali Drs Ida Bagus Putu Puja, M.Kes, dalam sambutannya Bapak Direktur Poltekpar Bali sangat berterima kasih kepada Prebekel Desa Kedisan yang telah memfasilitasi kegiatan PKM ini, dan diharapkan Kegiatan ini memberikan dampak yang bermanfaat sehingga Desa Wisata Kedisan lebih dikenal oleh masyarakat luas nantinya dan Kegiatan ini tidak berakhir sampai disini saja, perlu pendampingan yang berkelanjutan dengan Mou antara Desa Wisata Kedisan dan Poltekpar Bali. serta dalam sambutannya Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan  PKM Prodi  DPW Bapak Ida Bagus Gede Agung Widana, SH.,Dipl.TM,.M.Par ,sangat berterimakasih telah diberi kesempatan dari penjajakan dan sosialisasi dari Prodi DPW untuk melaksanakan Kegiatan PKM didesa Wisata Kedisan ini, sehingga nntinya dapat berkaloborasi memajukan Desa Wisata kedisan. Turut hadir juga Prebekel Desa Wisata Kedisan Bapak Dewa Ketut Raka dalam sambutannya diharapkan Kegiatan PKM ini membawa dampak yang baik untuk kemajuan Desa Wisata Kedisan ini, sehingga masyarakat mendapatkan manfaat positif pariwisata dan dapat dinikmati oleh masyarakat desa kedisan khususnya. Dan juga turut hadir  Ka Unit P3M yang kali ini diwakilkan oleh Koordinator Bidang Penelitian Ibu Made Tirtawati,S.Si.,M.Par.

Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai pengelolaan desa wisata serta pemanfaatan media digital untuk memperkenalkan desa wisata. serta memberikan pengetahuan dan pemahaman pentingnya peran media digital  dalam media sosial dalam memperkenalkan potensi yang dimiliki oleh desa wisata kedisan , sehingga dalam pemberian paparan materi diskusi yang dilakukan pada kegiatan pkm ini , diharapkan memperoleh gambaran yang dapat dilakukan oleh komponen masyarakat, lembaga masyarakat dan lembaga desa lainnya dapat sesuai dengan harapan masyarakat desa wisata kedisan dan agar kedepannya desa wisata kedisan lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Ini melibatkan 30 peserta terdiri dari Perangkat Desa Kedisan, Pengurus BUMDES, perwakilan desa adat, perwakilan banjar dinas dan perwakilan organisasi pemuda dan perwakilan Kelompok Pemerhati Air Terjun 3 Rasa. serta Materi dan Narasumber/Fasilitator antara lain adalah Narasumber pertama oleh I.B.G.A. Widana, SH., Dipl.TM., M.Par dengan materi Pengelolaan Desa Wisata dan Narasumber kedua oleh  Dr. Luh Yusni Wiarti, A.Par., SE. M.Par., M.Rech dengan materi Pemanfaatan Media Digital untuk Desa Wisata. serta para dosen dan mahasiswa semester 8  prodi dpw yang turut dalam kegiatan pkm ini.

Bagikan: