Program Studi S2 Magister Terapan Pariwisata (MTP) Poltekpar Bali Gelar Pelatihan Kompetensi Hospitaliti dan Tata Kelola Obyek Wisata Ecomangrove di Pantai Timur Desa Kedonganan Kabupaten Badung

23 Jun 2022  Program Studi S2 Magister Terapan Pariwisata (MTP) Poltekpar Bali Gelar Pelatihan Kompetensi Hospitaliti dan Tata Kelola Obyek Wisata Ecomangrove di Pantai Timur Desa Kedonganan Kabupaten Badung

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali  yang dilaksanakan oleh  Program Studi S2 Magister Terapan Pariwisata (MTP)  merupakan salah satu dari tugas pokok dan fungsi lembaga Pendidikan tinggi, yaitu pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat (PKM). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dalam bentuk pelatihan kompetensi di bidang hospitaliti dan tata kelola obyek wisata. Dengan judul kegiatan “Pelatihan Kompetensi Hospitaliti dan Tata Kelola Obyek Wisata Ecomangrove di Pantai Timur Desa Kedonganan Kabupaten Badung.” Yang berlangsung selama dua hari 12 – 13 Mei 2022 di Desa Kedonganan Kabupaten Badung.

Direktur Politeknik Pariwisata Bali yang diwakilkan oleh Wakil Direktur III Dr. Luh Yusni Wiarti, A.Par., SE,M.Par.,M.Rech. dalam sambutannya dan sekaligus membuka acara secara resmi , menyampaikan meskipun pandemic melanda namun kita tidak bisa tinggal diam mari momen ini digunakan untuk kita mempersiapkan potensi alam dan sumberdaya manusia dalam menerima kunjungan pariwista dan memajukan pariwisata kembali, khususnya desa kedoanganan, agar lebih menjadi daya tarik wisatawan lebih ramai berkunjung kembali “ melalui kaloborasi akan lebih mudah dicapai, harapannya kegiatan PKM ini tidak hanya samapai disini, kedepannya terjalalin kerjasama yang lain demi memajukan desa kedoanganan.”.

Koordinator S2 Magister Terapan Pariwisata (MTP) Dr. I Putu Utama, SE., MM dalam laporan PKM menyampaikan terima kasih kepada jero bendesa desa kedonaganan telah memfasilitasi kegiatan pkm ini sehingga dapat berjalan dengan baik dan  para narasumber yang hadir, dan para peserta yang mengikuti pelatihan ini diharapkan dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan baik dan sungguh – sungguh demi kemajuan desa kedonganan.

Jero Bendesa Desa Kedonganan Dr. I Wayan Mertha, SE., M.Si. dalam sambutannya diada hentinya mengucapkan terima kasih kepada Poltekpar Bali yang  sudah berkali – kali mendampingi dalam kemajuan Desa Kedonganan dan khususnya pada Prodi S2 MTP yang kali ini menyelenggarakan kegiatan PKM di Desa Kedonganan, berharap kegiatan ini terus terjalin dengan adanya MOU oleh Poltekpar Bali dengan Desa Kedonganan nantinya.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Ini melibatkan 30 orang peserta terdiri atas Pengurus dan anggota Bupda, Pemuda nelayan pantai timur desa Kedonganan, Pemilik usaha kecil dan menengah seperti pengusaha kuliner, pengerajin souvenir, pengelola penginapan, dan pengusaha penyewaan jukung. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dalam bentuk pelatihan kompetensi di bidang hospitaliti dan tata kelola obyek wisata. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan cara memberikan ceramah materi, demontrasi, diskusi, tanya jawab, games, dan pembuatan rencana pengembangan usaha yang berkaitan dengan hospitaliti dan tata kelola obyek wisata. Pada akhir kegiatan pelatihan diharapkan peserta pelatihan memahami kompetensi dasar meliputi sikap, ketrampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam pelayanan hospitaliti di obyek wisata ecomangrove desa Kedonganan sebagai obyek wisata baru yang akan dikembangkan di masa depan.

Adapun narasumber pertama yaitu Kebijakan Pemerintah dalam Pengembangan Wisata Ecomangrove Kadisparda Badung A.A Gede Raka Yuda, SE di lanjutkan oleh Kebijakan Pemerintah dalam Pemanfaatan Hutan Mangrove Kepala Tahura I Made Asta Kosala,S.Hut  dan narasumber ke tiga oleh Tata Kelola Obyek Wisata Dr. I Wayan Mertha, SE., M.Si. dan  Dr. Luh Yusni Wiarti, A.Par., SE,M.Par.,M.Rech. serta dilanjutkan narasumber ke empat : Pelayanan Prima dan Sapta Pesona  Dr. Irene Hanna H. Sihombing, SE., MM, CHE dan Dr. I Putu  Utama SE.MM

 

 

 

Bagikan: