STUDIUM GENERALE POLTEKPAR KEMENPAREKRAF SUKSES DIGELAR SECARA HYBRID

9 Aug 2022 STUDIUM GENERALE POLTEKPAR KEMENPAREKRAF SUKSES DIGELAR SECARA HYBRID

Politeknik Pariwisata Bali sebagai salah satu Politeknik Pariwisata di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) turut serta dalam pelaksanaan Studium Generale bersama Sandiaga Uno pada Senin, 8 Agustus 2022. Kegiatan Studium Generale dilaksanakan secara hybrid melalui Zoom Meeting dan dihadiri secara langsung di enam Poltekpar di seluruh Indonesia dan di Gedung Sapta Peson, Kemenparekraf RI, di Jakarta. Politeknik Pariwisata Lombok diberikan mandate sebagai host pada Studium Generale tahun 2022, Politeknik Pariwisata Bali sendiri telah menjadi host pada kegiatan serupa pada tahun 2021 lalu.

Studium Generale kali ini mengambil tema ‘Be Creative, Be Digital, Be Entepreneur’. Kegiatan dihadiri oleh ribuan mahasiswa baru dan mahasiswa lama di seluruh Poltekpar. Tidak hanya melalui aplikasi Zoom Meeting, kegiatan juga disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Poltekpar Lombok. Total keseluruhan peserta pada kegiatan Studium Generale tahun 2022 mencapai angka lebih dari 10.000 peserta. Pada kesempatan ini, masing-masing Poltekpar mengirimkan 5 orang mahasiswa baru untuk hadir di Gedung Sapta Pesona di Jakarta untuk secara langsung berbincang dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Dr. H. Sandiaga Salahudin Uno, BBA., MBA. Turut hadi pula Sekretaris Menparekraf, Ibu Giri Adnyani , M.Sc, CHE dan Kepala Pusat Pengembangan SDM, Bapak Faisal, S.ST.Par., MM.Par, CHE.

Menparekraf, Sandiaga Uno, dalam kuliah umum kali ini memaparkan tentang menjadi insan pariwisata yang kreatif dan imaginative, berdaya saing secara digital dan dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri atau menjadi entrepreneur. Menparekraf juga memberikan langkah-langkah yang dapa dilakukan generasi muda saat ini dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan pariwisata yakni dengan menjadi duta pariwisata di daerah, disiplin menerapkan protokol selama pandemi, tidak ragu membuka peluang kerja sendiri, mendukung program InDOnesia CARE, mendukung pariwisata berkelanjutan, dan meningkatkan keterampilan. Tidak menunggu waktu lama sejumlah peserta baik perwakilan mahasiswa di Jakarta maupun peserta secara daring berkesempatan untuk bertanya langsung dengan Menparekraf terkait isu pariwisata dan wirausaha saat ini. Diskusi berlangsung menarik dengan berbagai pertanyaan yang diajukan oleh peserta.

Studium Generale bersama Poltekpar Parekraf merupakan langkah dan semangat awal untuk seluruh mahasiswa baru di enam poltekpar di bawah Kemenparekraf untuk mampu mengejar cita-cita dan membangun lapangan pekerjaan untuk Indonesia.

Bagikan: