Berita

Wujudkan Sadar Wisata Prodi MAH Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Wisata Penglipuran-Bangli
3 Nov 2020 | Komentar

Pariwisata merupakan sektor yang memberi dampak yang sangat besar terhadap pembangunan suatu wilayah. Salah satu bentuk pengembangan pariwisata yang dilakukan pada suatu destinasi wisata yaitu konsep desa wisata. Salah satu desa wisata yang berada di Pulau Bali yaitu Desa Penglipuran yang terletak di Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli. Desa Penglipuran memiliki daya tarik wisata yang unik, yaitu adanya atraksi budaya dan adat istiadat kuat serta panorama alam yang indah yang  menjadi faktor utama wisatawan berkunjung ke desa ini.

Sebagai desa wisata yang sudah berkembang, Desa Wisata Penglipuran terus berbenah selain melengkapi fasilitas dan infrastruktur untuk dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi wisatawan yang berkunjung, baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing, oleh karena itu perlu didukung kemampuan sumber daya manusia yang memadai. Dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat desa dalam mendukung program desa untuk  mewujudkan Sadar Wisata sebagai pendukung utama pengembangan desa wisata, memberikan keamanan dan kenyamanan kepada para wisatawan sehingga  wisatawan lebih lama tinggal di Desa Penglipuran.

Untuk meningkatan kualitas SDM di Desa Penglipuran, khususnya yang berkaitan dengan pengelolaan  keuangan homestay maka Program Studi Manajemen Akuntansi Hospitaliti (MAH) Politeknik Pariwisata Bali bekerja sama dengan Pengelola DTW Penglipuran bermaksud melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Homestay baik untuk, Pemilik, dan Pengelola Homestay di Desa Penglipuran Kabupaten Bangli.

Adapun beberapa agenda kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan PKM ini yakni Laporan Koordinator Program Studi MAH, Sambutan dari Kepala Desa Adat Penglipuran, Sambutan dari Direktur Politeknik Pariwisata Bali yang pada saat itu diwakili oleh Wakil Direktur II sekaligus membuka acara yang ditandai dengan penyematan tanda peserta. Acara berikutnya dilanjut dengan pemaparan sesi I dengan materi Pengelolaan Desa Wisata Penglipuran Pasca Covid-19 dan sesi tanya jawab oleh Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangli, Pemaparan sesi II Pengelolaan Keuangan untuk usaha Kecil dan Mikro oleh I Wayan Tuwi SE.,M.Si, dan selanjutkan pemaparan sesi terakhir yaitu Laporan Keuangan Usaha Kecil dan Mikro oleh Ni Luh Riska Yusmarisa SE.,M.Si. Acara Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Wisata Penglipuran ditutup dengan pembagian sertifikat kepada masing-masing peserta.

Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat di desa Penglipuran adalah memberikan sosialisasi kepada pemilik  dan pengelola homestay agar  mampu memahami pentingnya pencatatan keuangan yang dilakukan secara  benar sehingga pengelola homestay diharapkan mampu membuat laporan keuangan  sederhana untuk menunjang keberhasilan pengelolaan Homestay dan pengelola homestay  mampu memahami pentingnya pencatatan setiap transaksi keuangan sebagai dasar pembuatan laporan keuangan  dalam menunjang keberhasilan pengelolaan homestay, sehingga  mampu  meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bagikan :

Selengkapnya

25 Nov 2020
Webinar Tradisi Dalam Kreasi Rangkaian Bunga
Detail
25 Nov 2020
Pengarahan Tim Sepak Bola Politeknik Pariwisata Bali dalam Tourism Youth Football League 2020
Detail
Facebook