Penelitian

PENELITIAN

Kegiatan penelitian di Politeknik Pariwisata Bali dikelompokkan menjadi tiga jenis, yakni :

  1. Penelitian institusi
  2. Penelitian kelompok
  3. Penelitian individu (perseorangan)

Penelitian institusi mempunyai ruang lingkup kependidikan, kepariwisataan dan perhotelan yang bersifat terapan, baik monodisiplin maupun multidisiplin/interdisiplin, sedangkan Ruang lingkup penelitian kelompok dan perseorangan dapat meliputi bidang kependidikan, kepariwisataan dan perhotelan yang bersifat terapan, baik monodisiplin ataupun interdisiplin.

Setiap dosen berhak mengajukan sebuah usulan penelitian (proposal) secara perorangan atau kelompok.Penelitian kelompok dapat diusulkan dan dilaksanakan oleh suatu tim yang terdiri dari peneliti di prodi, antar prodi, maupun dosen-dosen dengan keahlian maupun minat yang sama.Penelitian kelompok juga dapat dilaksanakan bekerjasama dengan dosen dan atau institusi/perguruan tinggi lain, sesuai dengan bidang dan keahlian yang dibutuhkan Politeknik Pariwisata Bali. Penelitian institusi dilaksanakan setelah mendapatkan arahan dari Ketua Politeknik Pariwisata Bali yang selanjutnya oleh Ka Puslitabmas disusun team untuk melaksanakannya.

Pada periode yang sama seorang peneliti hanya boleh terlibat dalam 1 (satu) judul penelitian sebagai ketua dan 1 (satu) judul penelitian sebagai anggota atau terlibat dalam 2 (dua) judul penelitian sebagai anggota,

Penelitian perseorangan diusulkan untuk dilaksanakan oleh seorang dosen berstatus PNS, yang tahun 2018 diusulkan agar dosen tetap non PNS juga memperoleh kesempatan untuk melaksanakan penelitian, dengan catatan yang bersangkutan dibimbing oleh dosen berstatus PNS dengan jabatan terendah Lektor.

Penelitian perseorangan, penelitian kelompok dan penelitian institusi dibiayai dari anggaran DIPA Politeknik Pariwisata Bali yang sesuai dengan ruang lingkup atau bobot penelitian dan kemampuan anggaran lembaga. Penelitian tesebut dapat pula dibiayai dari kementerian lain yang terkait, pihak industri, mapun masyarakat.

Setiap proposal penelitian yang diajukan peneliti kepada Puslitabmas, akan dilakukan penilaian kelayakannya oleh sebuah team reviewer, serta diperiksa kelayakan anggarannya, sehingga para peneliti diharuskan mengajukan prakiraan anggaran riil yang dibutuhkan untuk melaksanakan penelitiannya.

Mekanisme pengajuan proposal penelitian sampai kepada publikasi hasil penelitian digambarkan dalam flow chart pada bagian berikutnya.

 

Publikasi

Politeknik Pariwisata Bali memiliki tiga jurnal yang seluruhnya telah dikompilasi dalam bentuk digital http://ojs.stpbali.ac.id/ . Masing-masing jurnal juga telah memiliki E-ISSN dari SK yang diterbitkan oleh LIPI.

Database Jurnal Poltekpar Bali (link OjS)