Sambutan

Drs. Ida Bagus Putu Puja,M.Kes

Direktur Politeknik Pariwisata Bali

Selamat datang di Politeknik Pariwisata Bali, Centre of Excellence.

Saya dengan bangga memperkenalkan Politeknik Pariwisata Bali (PPB) secara singkat kepada pembaca. Didirikan pada tahun 1978 di kawasan Nusa Dua Bali, Politeknik Pariwisata Bali diamanatkan untuk mengembangkan pariwisata budaya yang sangat sesuai dengan keberadaannya di pulau Bali sebagai barometer pariwisata budaya Indonesia. Politeknik Pariwisata Bali (PPB) yang juga disebut Poltekpar Bali adalah perguruan tinggi vokasi dibawah Kemenparekraf perubahan status dari Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali pada tanggal 21 Oktober 2019. Saat ini Politeknik Pariwisata Bali memiliki 2 Jurusan dengan 10 Program Studi dan 1Program Studi yang ada di Politeknik Pariwisata Bali telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) dan Tourism Education Quality (Ted-Qual) dari Thermes Foundation, United Nation World Tourism Organization (UNWTO).

Untuk menjadi perguruan tinggi dibidang kepariwisataan dibidang Internasional, unggul dan berkepribadian Indonesia, Poltekpar Bali telah menyelenggarakan pendidikan dengan menggunakan kurikulum berstandar internasional. Poltekpar Bali juga berperan aktif dalam pembangunan kepariwisataan daerah dan nasional melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional. Selain itu Poltekpar Bali juga menyelenggarakan tata kelola birokrasi secara profesional melalui peningkatan kapasitas, etos kerja dan penghargaan bagi sivitas akademika dan tenaga kependidikan.

Politeknik Pariwisata Bali siap mencetak insan pariwisata yang unggul. Kesiapan ini dimulai dari proses rekrutment yang dirancang untuk menyaring calon SDM unggulan di bidang kepariwisataan serta proses pembelajaran yang menggunakan kurikulum berbasis kompetensi ACCSTP (ASEAN Common Competency Standard Tourism Professional) dan CATC (Common ASEAN Tourism Curriculum). Hubungan yang erat dan kuat antara Poltekpar Bali baik dengan institusi, industri maupun asosiasi serta alumni memberikan pondasi yang sangat kuat sehingga kami dapat memberikan kesempatan kepada para mahasiswa.

Kami percaya bahwa untuk menjadi insan pariwisata yang unggul, tidak cukup hanya soft skills, yaitu karakter yang baik dan kemampuan untuk berkolaborasi secara fleksibel dengan lingkungan sekitarnya. Untuk itu kami mendorong mahasiswa untuk mengasah soft skills melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu, melalui Unit kewirausahaan, Poltekpar Bali juga menumbuh kembangkan semangat dan jiwa berwirausaha di kalangan mahasiswa dan membentuk  pola pikir mahasiswa dari pencari kerja menjadi pencipta nilai berupa produk dan layanan kepariwisataan melalui wirausaha.

Terimakasih saya ucapkan kepada para mahasiswa yang telah mempercayakan Politeknik Pariwisata Bali sebagai tempat menimba ilmu. Semoga kalian dapat menimba ilmu sebaik-baiknya dan mampu berprestasi di bidang akademik maupun non akademik. Tidak lupa juga kepada para Alumni agar terus berkontribusi kepada Almamaternya. semoga Tuhan yang Maha Esa selalu memberikan rahmatnya kepada kita semua.

 

 

 

Direktur Politeknik Pariwisata Bali.