Pengabdian
Beranda / Tentang / Pengabdian
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Politeknik Pariwisata Bali, dikatagorikan menjadi empat bentuk, yaitu:
Pendampingan, dilakukan oleh dosen pada prodi tertentu kepada masyarakat atau industri pariwisata dan hospitaliti, dengan tujuan meningkatkan kapasitas mereka yang didampingi, sehingga mampu mengembangkan usaha mereka. Kegiatan pendampingan ini dilakukan selama periode waktu yang cukup panjang (paling tidak satu semester), dimana output dari pendampingan ini adalah masyarakat yang memperoleh pendampingan bisa lebih mandiri di dalam mengelola kegiatan maupun usaha mereka.
Pembinaan, lebih ditekankan kepada aktivitas membina usaha maupun kegiatan yang dilakukan masyarakat, setelah kegiatan sosialisasi, pelatihan, dan pendampingandilakukan. Pembinaan dilakukan secara terus menerus, sesuai dengan periode waktu kerjasama yang dilakukan Politeknik Pariwisata Bali dengan pemerintah daerah, DTW maupun pengelola usaha yang diajak bekerjasama di wilayah tersebut.
Jadi kegiatan Pengabdian Masyarakat ini merupakan satu kesatuan aktivitas kontinu yang mesti dilakukan oleh para dosen prodi, sehingga kegiatannya tidak hit and run¸hanya berganti tempat setiap saat namun topiknya sama. Kegiatan Pengabdian masyarakat semestinya berkelanjutan, mulai dari analisis situasi atau implementasi hasil penelitian, mengadakan sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan pembinaan kepada masyarakat dan/atau industri pada lokasi yang sama, sehingga ada satu seri lengkap aktivitas pengabdian masyarakat dengan output yang jelas dan terukur.
a. Pelaksanaan penelitian yang dilakukan para dosen diatur dalam Juknis atau Panduan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Pariwisata Dana Penelitian bersumber dari Dana DIPA Politeknik Pariwisata Bali seperti diatur dalam RKAKL, dan/atau dari sumber-sumber lain yang tidak mengikat.
Sementara itu Pengabdian Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali memiliki kebijakan dasar sebagai berikut:
a. Terimplementasikannya hasil-hasil penelitian dalam bentuk pengabdian masyarakat yang bermanfaat bagi pemerintah daerah, industri maupun masyarakat lokal,
b. Meningkatnya pengakuan industri, pemerintah, dan masyarakat terhadap manfaat Pengabdian Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali,
c. Meningkatnya kuantitas dan kualitas Pengabdian Masyarakat Politeknik Pariwisata Bali, sehingga kemanfaatannya dirasakan oleh masyarakat,
d. Meningkatnya motivasi dan kompetensi para dosen Politeknik Pariwisata Bali dalam bidang Pengabdian Masyarakat, sehingga berpengaruh terhadap meningkatnya kualitas pendidikan dan budaya ilmiah,
e. Terjalinnya kemitraan dengan lembaga terkait baik lokal, nasional, regional maupun internasional.