Winter School 2024: Kolaborasi yang Hangat Antara Politeknik Pariwisata Bali, University Of Groningen, dan Institut Teknologi Bandung

Jun 21, 2024 | Uncategorized @id

Nusa Dua – Politeknik Pariwisata Bali menyambut kedatangan 103 peserta Winter School 2024 pada tanggal 18 Juni 2024 yang diselenggarakan sebagai bentuk kerjasama antara Politeknik Pariwisata Bali, University of Groningen, Belanda, dan Instititut Teknologi Bandung. Peserta kegiatan ini berasal dari perguruan tinggi di beberapa negara, yakni Spanyol, Malaysia, Malta, Italia, Australia, Belgia, Perancis, Turki, Swedia, Inggris, Amerika Serikat, dan Indonesia. Kedatangan peserta ke Bali adalah untuk memahami kerentanan masyarakat di pulau-pulau kecil utamanya di sekitar Bali terhadap perubahan lingkungan, seperti erosi tanah dan ancaman terhadap garis Pantai, mengidentifikasi potensi ekonomi lokal dan infrastruktur regional yang dapat mendukung upaya pelestarian lingkungan, mendiskusikan aset dan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat dalam menghadapi bencana lingkungan. Sehingga, setelah kegiatan usai, peserta diharapkan mampu membuat rencana tanggap bencana untuk pariwisata di daerah daerah terpencil dan merencanakan strategi pengelolaan kawasan pesisir yang berkelanjutan dan bertanggung jawab untuk mendorong sektor lain yang memberikan manfaat bagi masyarakat.

Kegiatan akan terdiri dari dua sesi, yakni sesi perkuliahan dan kegiatan lapangan. Kuliah akan disampaikan oleh pengajar dari ITB, Politeknik Pariwisata Bali, RMIT University, Groningen University, dan Universiti Sains Malaysia. Dalam sesi kegiatan lapangan, peserta akan mengunjungi Desa Wisata Penglipuran, Pantai Melasti, dan Pulau Lembongan. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok yang secara khusus mendiskusikan topik yang spesifik, yakni manajemen daerah pesisir (coastal zone management), ketahanan bencana (disaster resilience), pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism), keterlibatan masyarakat (community engagement), kesejahteraan (well-being), dan kebahagiaan (happiness). Para peserta diharapkan dapat memahami pandangan yang lebih luas dari daerah tersebut dalam hal topik-topik tersebut, termasuk perencanaan dan desain, demografi, atribut sosial dan ekonomi, konteks lingkungan, kegiatan pariwisata, dalam membangun perencanaan yang berkelanjutan di masa depan.

Unit BiTP Global, selaku unit kerja yang membidangi Kerjasama internasional di Politeknik Pariwisata Bali, mengkoordir kegiatan ini berkolaborasi dengan Unit Humas, Unit Hotel Praktik, dan beberapa Program Studi, yakni Destinasi Pariwisata, Pengelolaan Perhotelan, Usaha Perjalanan Wisata, dan Pengelolaan Konvensi dan Acara. Dosen Politeknik Pariwisata Bali, Dr. Luh Yusni Wiarti, A.Par., S.E, M.Par., M.Rech., Dr. I Putu Utama, S.E., M.M., Dr. I Gede Darmawijaya, S.Pd., M.Agb., CHE, dan Dewa Ayu Made Lily Dianasari, ST., M.Si. dilibatkan sebagai mentor dan fasilitator. Dalam kegiatan ini, mahasiswa Politeknik Pariwisata Bali dilibatkan secara aktif dalam proses penyambutan, pendampingan, hingga turut berpartisipasi sebagai peserta. Selain itu, hotel praktek Politeknik Pariwisata Bali yakni Kamala Resort disiapkan khusus sebagai akomodasi resmi Winter School 2024 selama peserta berkegiatan. Diharapkan melalui Winter School 2024, Politeknik Pariwisata Bali semakin dikenal dunia sebagai pusat unggulan bidang pariwisata budaya, sehingga kolaborasi skala global dapat semakin terjalin untuk pengembangan keilmuan pada bidang pariwisata dan hospitaliti.