Politeknik Pariwisata Bali Sambut Mahasiswa Baru Melalui PSDP Tahun 2024

Jul 8, 2024 | PSDP 2024

Nusa Dua – Politeknik Pariwisata Bali bersiap menyambut mahasiswa baru Tahun Ajaran 2024/2025. Poltkepar Bali sendiri sebelumnya telah menyelenggarakan Penerimaan Mahasiswa Baru melalui mekanisme Seleksi Bersama Masuk (SBM) dan Seleksi Mandiri Masuk (SMM) Tahun 2024. Melalui dua mekanisme penerimaan mahasiswa baru tersebut terdapat yang resmi dinyatakan sebagai mahasiswa Poltekpar Bali Tahun 2024.

Sebelum secara resmi memasuki masa perkuliahan di Poltkepar Bali, calon mahasiswa terlebih dahulu wajib mengikuti kegiatan pembinaan yang disebut PSDP atau Pembinaan Sikap Dasar Profesi. Menurut Ketua Panitia PSDP Tahun 2024, I Gusti Agung Made Wirautama, S.Kom, M.Kom., PSDP bertujuan untuk memperkenalkan fasilitias, kegiatan kemahasiswaan, lingkungan, serta budaya kampus dalam rangka mengadaptasi mahasiswa baru sebagai proses transisi dari asal sekolah dan daerah yang berbeda-beda, menjadi mahasiswa yang siap menempuh pendidikannya di Politeknik Pariwisata Bali. Dalam rangkaian kegiatannya, PSDP dimulai dengan pelatihan panitia PSDP Tahun 2024 melalui kegiatan LDKM selama 3 hari pada 1 – 3 Juli 2024 yang dibina secara langsung oleh PMI Badung dan Brimob Polda Bali. Pengumpulan perdana peserta PSDP (Pra-PSDP) dilaksanakan pada Jumat, 5 Juli 2024 dimana selanjutnya kegiatan inti PSDP dilaksanakan selama lima hari yakni pada 8 – 12 Juli 2024. PSDP Poltekpar Bali tahun 2024 dibuka secara resmi pada Senin, 8 Juli 2024 bertempat di Lapangan Poltekpar Bali.

Pada kegiatan pembukaan PSDP, Direktur Poltkepar Bali memberikan sambutan dan ucapan selamat datang kepada mahasiswa baru Poltkepar Bali tahun 2024. “Selamat datang saya ucapkan kepada mahasiswa baru Poltekpar Bali, semoga melalui kegiatan PSDP ini mahasiswa baru dapat mengenal lebih dekat kampus Poltkepar Bali dan mendapatkan manfaat dari pelatihan kedisiplinan PSDP Tahun 2024”, sambut Dr. Drs Ida Bagus Putu Puja, M.Kes. Pembukaan PSDP Poltekpar Bali dikemas dengan pelaksanaan upacara yang diikuti tidak hanya mahasiswa baru, namun seluruh sivitas akademika Poltekpar Bali termasuk pegawai dan dosen. Secara simbolis Dirketur Poltekpar Bali menyematkan tanda peserta kepada perwakilan peserta PSDP serta pelepasan burung merpati.  PSDP Poltkepar Bali juga melibatkan satuan Brimob sehingga dipastikan PSDP tidak akan melibatkan kegiatan yang bersifat perundungan (bullying). Peserta akan mengikuti rangkaian kegiatan PSDP yang telah disiapkan oleh panitia meliputi Kegiatan PSDP akan diisi dengan pemaparan materi, pengenalan HIMAPRODI, Open House ORMAWA, Product Development dan berbagai kegiatan pelatihan kedisiplinan lainnya.