Pelatihan Pengembangan Desa Wisata Melalui Digitalisasi Dan Inovasi Produk Wisata Di Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem

Sep 11, 2024 | PKM, Prodi Usaha Perjalanan Wisata

Karangasem, 5 September 2024 – Program Studi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Politeknik Pariwisata Bali sukses mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bertajuk “Pelatihan Pengembangan Desa Wisata Melalui Digitalisasi dan Inovasi Produk Wisata di Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem” di Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dari tanggal 5 hingga 6 September 2024. Kegiatan PkM ini merupakan implementasi Kerjasama (MOA) antara Desa Sibetan dan Politeknik Pariwisata Bali khususnya Program Studi Usaha Perjalanan Wisata. Peserta kegiatan ini terdiri dari Pokdarwis desa Sibetan, pengelola penyedia jasa wisata dan masyarakat desa Sibetan yang seluruhnya berjumlah 30 orang.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Direktur Politeknik Pariwisata Bali yang diwakilkan oleh Sekretaris Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Ibu Ni Made Tirtawati, S.Si., M.Par, setelah laporan Ketua Panitia Kegiatan PkM, Ibu Putu Ayu Aryasih, SE., M.Par., CEE., CHE. Pembukaan ini dihadiri oleh Kepala Desa dan perangkat desa sibetan, masyarakat Desa Sibetan, Dosen dan Mahasiswa Program Studi Usaha Perjalanan Wisata.

Pada hari pertama, kegiatan dimulai dengan registrasi peserta, dilanjutkan dengan acara pembukaan yang dibuka oleh Ibu Ni Made Tirtawati, S.Si., M.Par. Setelah pembukaan, sesi pertama pelatihan langsung dimulai dengan pemaparan materi dari narasumber yang berasal dari sejarawan desa Sibetan Bapak Ida Bagus Nyoman Agung Aeda Astawa dan Bapak I Gusti Lanang Adi Wiraprana yang memaparkan materi tentang Sejarah awal desa Sibetan, Karangasem dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi. Sesi selanjutnya setelah makan siang dilanjutkan dengan materi tentang Inovasi Produk Wisata berbasis Digital oleh Ibu Ni Putu Evi Wijayanti, S.E., M.Par., CEE. Sesi ini diikuti dengan materi tentang Pelayanan Prima dalam Industri Wisata Digital sekaligus materi terakhir hari pertama yang dipaparkan oleh Ibu Made Darmiati, S.Sn., M.Si.

Hari kedua diisi dengan materi tentang Praktik: Inovasi Produk Wisata berbasis Digital oleh Tim Fasilitator (Ibu Ni Putu Evi Wijayanti, S.E., M.Par.; Ibu Ni Ketut Wiwiek Agustina, SE., M.Par.; Bapak Drs. Dewa Gede Ngurah Byomantara, M.Ed.) serta Praktik: Pelayanan Prima dalam Industri Wisata Digital oleh Tim Fasilitator (Ibu Made Darmiati, S.Sn., M.Si.; Ibu Dr. Lukia Zuraida, S.Pd., M.Hum., Bapak Drs. Teguh Hadisukarno, M.Par.) dan Praktik: Pemasaran Produk Wisata Digital berbasis Desa Wisata oleh Tim Fasilitator (Bapak Putu Gde Arie Yudhistira, SE., M.M.; Bapak Made Artajaya, S.Pd., M.Si.). Kegiatan ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada para peserta sebagai penghargaan atas partisipasi mereka.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat Desa Sibetan dalam Pengembangan Desa Wisata Melalui Digitalisasi Dan Inovasi Produk Wisata. Diharapkan, dengan adanya pelatihan ini, masyarakat Desa Sibetan akan lebih siap dan kompeten dalam mengelola potensi wisata desanya, serta mampu memberikan pengalaman wisata yang berkesan bagi para wisatawan.

Kegiatan PkM ini merupakan implementasi Kerjasama (MOA) antara Desa Sibetan dan Politeknik Pariwisata Bali khususnya Program Studi Usaha Perjalanan Wisata. Peserta kegiatan ini terdiri dari Pokdarwis desa Sibetan, pengelola penyedia jasa wisata dan masyarakat desa Sibetan yang seluruhnya berjumlah 30 orang.

Politeknik Pariwisata Bali berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan pariwisata pedesaan berbasis digitalisasi dan inovasi produk melalui berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat, sesuai dengan visi dan misi institusi dalam memajukan pariwisata Indonesia.

Kegiatan ini merupakan wujud nyata dari komitmen Politeknik Pariwisata Bali dalam mendukung pengembangan kapasitas masyarakat lokal dan mempromosikan potensi wisata pedesaan yang berkelanjutan.