Poltekpar Bali bersama TCI Universitas Udayana Gelar Mid-Autumn Festival sebagai Ajang Pertukaran Budaya

Sep 18, 2024 | Kolaborasi, Mid-Autumn Festival

Selasa, 17 September 2024 – Bertepatan dengan perayaan bulan Purnama, Poltekpar Bali bekerja sama dengan Tourism Confucius Institute (TCI) Universitas Udayana menggelar perayaan Mid-Autumn Festival 2024. Perayaan festival rakyat Tiongkok ini merupakan bentuk penghargaan dan pengenalan budaya Indonesia dan Tiongkok.

Mid-Autumn Festival atau perayaan pertengahan musim gugur di Tiongkok biasanya dirayakan dengan membuat kue khas yang disebut kue bulan atau Mooncake Festival. Poltekpar Bali bersama TCI Universitas Udayana membawa semangat perayaan Moon Cake Festival melalui penyelenggaraan Mid-Autumn Festival yang diselenggarakan di Aula Joop Ave Poltekpar Bali. Menghadirkan pertunjukan budaya Indonesia dan Tiongkok, kegiatan festival diisi dengan berbagai penampilan budaya. 

Kegiatan Mid-Autumn Festival dihadiri langsung oleh Konsul Jenderal Tiongkok di Denpasar Zhang Zhisheng. Terlebih dahulu Mr. Zhisheng diterima oleh Direktur Poltekpar Bali, Dr. Drs. Ida Bagus Putu Puja, M.Kes di Rektorat Poltekpar Bali dan menyempatkan berkeliling ke Lab Praktek Dapur Poltekpar Bali. Melalui sambutannya, Mr. Zhisheng sangat senang dengan usaha dari Poltekpar Bali dalam menyelenggarakan kegiatan Mid-Autumn Festival. “Kami sangat berharap agar hubungan Indonesia dan Tiongkok terus harmonis sehingga mahasiswa Indonesia dapat mengenal budaya Tiongkok”, jelas Mr. Zhisheng. 

Pertunjukan seni budaya silih berganti ditampilkan dari perwakilan Tiongkok dan Indonesia khususnya Bali. Tarian Barongsai memikat para penonton dengan memberi makan Barongsai dengan angpao (amplop merah berisi uang). Selain itu, peserta yang hadir juga disuguhkan pengalaman langsung budaya Tiongkok dengan membuat kaligrafi Tiongkok dan mencoba mengenakan pakaian tradisional Tiongkok, cheongsam. Pertukaran budaya ini merupakan hal positif yang dapat tercipta khususnya di industri pariwisata. “Poltekpar Bali sebagai institusi pendidikan pariwisata melihat kegiatan Mid-Autumn Festival sebagai bentuk pertukaran budaya yang dinamis antara Indonesia dan Tiongkok,” ungkap Direktur Poltekpar Bali, Dr. Puja. Beliau juga menambah kegiatan ini juga bertepatan dengan bulan Purnama dimana bagi masyarakat Hindu Bali, bulan purnama merupakan hari yang suci. 

Festival Mid-Autumn terselenggara atas kerjasama sinergis antara Politeknik Pariwisata Bali, Tourism Confucius Institute Universitas Udayana serta Konsulat Jenderal Tiongkok di Denpasar. Diharapkan kegiatan pertukaran budaya ini mampu menjadi ajang kolaborasi sinergis khususnya di bidang pariwisata budaya.