Politeknik Pariwisata Bali Sukses Menggelar Yudisium Jurusan Kepariwisataan dan Hospitaliti Tahun 2024

Sep 20, 2024 | Jurusan Hospitaliti, Jurusan Kepariwisataan, Yudisium

Nusa Dua, 20 September 2024 – Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali kembali menggelar Yudisium Jurusan Kepariwisataan dan Hospitaliti Politeknik Pariwisata Bali tahun 2024. Kegiatan yudisium dilaksanakan secara luring pada Jumat, 20 September 2024.

Politeknik Pariwisata Bali sebagai perguruan tinggi pariwisata negeri di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) Republik Indonesia mengemban tugas dalam melahirkan insan profesional di bidang pariwisata dan hospitaliti. Poltekpar Bali memfokuskan diri pada pengembangan kualitas pendidikan di bidang vokasi melalui 2 jurusan yakni Kepariwisataan dan Hospitaliti. Jurusan Kepariwisataan memiliki Program Studi Magister Terapan Pariwisata (MTP), Sarjana Terapan Pengelolaan Konvensi dan Perhelatan (PKA), Sarjana Terapan Destinasi Pariwisata (DEP), dan Sarjana Terapan Usaha Perjalanan Wisata (UPW), sementara itu Jurusan Hospitaliti memiliki Program Studi Sarjana Terapan Pengelolaan Perhotelan (PPH), Sarjana Terapan Manajemen Akuntansi Hospitaliti (MAH), Ahli Madya Divisi Kamar (DIK), Ahli Madya Seni Kuliner (SKU) dan Ahli Madya Tata Hidang (TAH).

Yudisium Poltekpar Bali tahun 2024 meluluskan 656 mahasiswa dengan sebaran sejumlah 174 mahasiswa dari Jurusan Kepariwisataan dan 482 mahasiswa dari Jurusan Hospitaliti. Kegiatan yudisium dibagi menjadi dua tempat yakni di Aula Joop Ave untuk Jurusan Hospitaliti dan Gedung MICE Widyatula untuk Jurusan Kepariwisataan. Menurut Direktur Poltekpar Bali, Dr. Drs. Ida Bagus Putu Puja, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada yudisiawan agar jangan pernah berhenti belajar karena proses pembelajaran yang sesungguhnya merupakan tantangan yang akan dihadapi. “Ada pepatah semakin banyak aku tahu, semakin banyak yang aku tidak tahu, akhirnya aku tahu bahwa hanya satu yang aku tahu, yaitu bahwa aku tidak tahu apa-apa, yang berarti bahwa semakin kita belajar, kita semakin sadar, ternyata, banyak sekali ilmu yang tidak kita tahu”, ungkap Dr. Puja

Prosesi yudisium diawali dengan pembacaan SK Yudisium diikuti dengan pembacaan yudisium dengan IPK Tertinggi pada masing-masing program studi hingga proses penyerahan Surat Keterangan Lulus (SKL). Adapun peraih IPK Tertinggi pada masing-masing Program Studi adalah sebagai berikut:

Jurusan Hospitaliti

  1. Sarjana Terapan Pengelolaan Perhotelan : I Putu Gede Brandon Wira Atmaja
  2. Sarjana Terapan Manajemen Akuntansi Hospitaliti : Cheryl Lim
  3. Ahli Madya Divisi Kamar : I Gede Wiratama
  4. Ahli Madya Tata Hidang : Ni Putu Widi Wahyuni
  5. Ahli Madya Seni Kuliner : Ni Kadek Vina Widayanthi

Jurusan Kepariwisataan: 

  1. Magister Terapan Pariwisata : Ida Ayu Sintha Permata Sari
  2. Sarjana Terapan Destinasi Pariwisata : Kadek Rahayu Teresna Dewi
  3. Sarjana Terapan Usaha Perjalanan Wisata : Theresia Salsa Purnama Renggi
  4. Sarjana Terapan Pengelolaan Konvensi dan Acara : Yuke Aldiani

 

Mengutip pada sambutan Direktur Poltekpar Bali, yudisium adalah akhir dari suatu proses, tetapi jika dikaitkan dengan kehidupan, yudisium adalah Titik Awal bagi para yudisiawan untuk mencari pengalaman, penyedia lapangan kerja dan awal perjuangan untuk meraih mimpi setinggi-tingginya. Selanjutnya, yudisiawan akan menuju tahap akhir proses kelulusan yakni prosesi Wisuda Poltekpar Bali tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada 18 Oktober 2024 mendatang.