Pemanfaatan Digital Marketing Dan Pengembangan SDM Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Akomodasi Di Desa Wisata Taro, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar

Okt 1, 2024 | Pengabdian Kepada Masyarakat, Prodi Pengelolaan Perhotelan

Gianyar – Program Studi Pengelolaan Perhotelan (PPH) Politeknik Pariwisata Bali sukses mengadakan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bertajuk “Pemanfaatan Digital Marketing dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Akomodasi di Desa Wisata Taro, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar”. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dari tanggal 17 hingga 18 September 2024. Kegiatan PkM ini merupakan kali pertama yang dilaksanakan di Desa Taro, Gianyar sehingga dalam kesempatan ini pula dilaksanakan penandatanganan Kerjasama (MOA) antara Desa Taro dengan Program Studi Pengelolaan Perhotelan Poltekpar Bali. Peserta Kegiatan ini terdiri dari Pokdarwis Desa Taro, pelaku pariwisata, pemilik Homestay yang seluruhnya berjumlah 30 orang.

Acara PkM dibuka secara resmi oleh Direktur Politeknik Pariwisata Bali yang diwakilkan oleh Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Poltekpar Bali Ibu Dr. Putu Diah Sastri Pitanatri, S.ST.Par., M.Par. Pembukaan kegiatan dihadiri oleh Kepala Desa dan Ketua Pokdarwis beserta perangkat Desa Taro, Masyarakat Desa Taro, Dosen, Pegawai dan Mahasiswa Program Studi Pengelolaan Perhotelan.

Hari pertama setelah acara pembukaan, penyampaian materi pertama kegiatan PkM Prodi PPH menghadirkan Narasumber Bapak I Gusti Putu Adi Sastrawan yang membawakan materi tentang “Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Daya Saing Akomodasi di Desa Taro”, kemudian dilanjutkan materi Pelayanan Prima di Desa Wisata oleh fasilitator Dosen PPH Ibu Dra. Ni Luh Ketut Sri Sulistyawati, M.Par serta materi “Menerapkan Prinsip KLACI (Kebersihan, Lestari, Aman, Cinta dan Indah): Mewujudkan Pariwisata Berkelanjutan di Desa Taro, Gianyar” yang disampaikan oleh Bapak I Wayan Jata, S.Sos., M.FilH.

Hari kedua disampaikan materi tentang “Peningkatan Kualitas Pelayanan Akomodasi” oleh fasilitator Bapak Cahyo Purnomo Loanata, S.Tr.Par., M.Tr.Par serta pemaparan materi berikutnya tentang “Standar Layanan Akomodasi” yang disampaikan oleh Fasilitator Ibu Kadek Andita Dwi Pratiwi, SST.Par., M.Par kemudian dilanjutkan dengan kegiatan praktik peningkatan pelayanan kantor depan dan standar kelengkapan amenities homestay, pelatihan making bed dan towel art folding dari para fasilitator. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan praktik ini. Kegiatan ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada para peserta sebagai penghargaan atas partisipasi mereka.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku pariwisata dalam memanfaatkan platform digital untuk meningkatkan eksposur dan menarik lebih banyak wisatawan datang ke Desa Taro, meningkatkan standar pelayanan di akomodasi melalui pelatihan dan pengawasan yang berkelanjutan, sehingga menciptakan pengalaman yang memuaskan bagi tamu, membangun kesadaran tentang pentingnya pelayanan prima dan pemasaran digital yang efektif dalam mendukung daya saing Desa Taro sebagai destinasi wisata, serta mendorong kolaborasi antar pelaku usaha pariwisata untuk saling berbagi pengetahuan dan strategi pemasaran, serta menjaga standar pelayanan.

Politeknik Pariwisata Bali berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan pariwisata pedesaan khususnya akomodasi homestay melalui Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, sesuai dengan visi dan misi institusi  dalam memajukan pariwisata Indonesia. Kegiatan ini merupakan wujud nyata dari komitmen Poltekpar Bali dalam mendukung pengembangan kapasitas masyarakat lokal dan mempromosikan potensi wisata pedesaan yang berkelanjutan.