The Nusa Dua, 10 Oktober 2024 – Politeknik Pariwisata Bali (Poltekpar Bali) berkolaborasi dengan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC sukses menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Kolaboratif dengan tema “Pelatihan Hospitality dan Excellence Service Paguyuban Transport The Nusa Dua”. Kegiatan ini berlangsung pada Selasa, 10 Desember 2024 di Wantilan ITDC, The Nusa Dua.
Kegiatan PKM Kolaborasi ini resmi dibuka oleh General Manager ITDC The Nusa Dua, I Made Agus Dwiatmika didampingi oleh I Putu Esa Widaharthana, SE., M.Sc. selaku Ketua Pelaksana Kegiatan. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 60 peserta yang berasal dari Paguyuban Transport Kawasan The Nusa Dua.
I Made Agus Dwiatmika selaku General Manager ITDC The Nusa Dua mengatakan “ITDC berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan pariwisata di kawasan The Nusa Dua. Dengan adanya pelatihan bagi driver ini kami harapkan menjadi salah satu langkah strategis untuk memberikan gambaran terkait kualitas layanan khususnya bagi jasa transportasi di Kawasan Nusa Dua. Kami mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Politeknik Pariwisata Bali (Poltekpar Bali) atas dukungan serta kolaborasi dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan ini. Keselarasan antara Pendidikan dan industri pariwisata menjadi acuan utama kami dalam menyelenggarakan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing demi pengembangan pariwisata berkelanjutan”.
I Putu Esa Widaharthana, SE., M.Sc. selaku Ketua Pelaksana Kegiatan menambahkan “Dalam menghadapi era industri 4.0 dan menuju era industri 5.0, peningkatan produk pariwisata dalam upaya meningkatkan daya saing global, hendaknya diimbangi dengan ketersediaan SDM yang unggul dan kompeten. Melalui Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi pelaku pariwisata khususnya driver transport untuk dapat memahami konsep pariwisata dasar, pengetahuan tentang destinasi pariwisata, industri pariwisata, pemasaran pariwisata, SDM dan Kelembagaan serta perkembangan Teknologi dan Informasi sebagai bekal pengetahuan dasar sehingga mampu berperan menjadi fasilitator, dinamisator, dan regulator yang baik di lingkungan pariwisata”.
Kegiatan ini dibagi menjadi beberapa sesi kegiatan. Sesi pertama yakni pemaparan materi terkait Sikap Dasar Profesionalisme yang disampaikan oleh Dr. I Nyoman Sudiksa, SE., M.Par., CHE. Dilanjutkan pada sesi kedua yakni pemaparan materi terkait Pemahaman Lintas Budaya yang disampaikan oleh Drs. I Gusti Ngurah Agung Suprastayasa, M.Ed. Dan pada sesi terakhir pemaparan materi terkait Digital Business Opportunity yang disampaikan oleh Ida Bagus Putu Agus Garlika, S,ST,Par.,MM.,CPOD., CDMP. Selain menerima materi pelatihan, para peserta juga diajak untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan para fasilitator dan narasumber.
Melalui pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat mengembangkan kompetensi industri mereka dalam memberikan pelayanan yang prima, sehingga dapat bekerja dengan lebih profesional dan efisien. Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan mampu untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, yang pada gilirannya akan memperkuat reputasi dan citra pariwisata di kawasan Nusa Dua. Dengan mengedepankan standar pelayanan yang tinggi, pelatihan ini berperan dalam meningkatkan profesionalisme anggota serta membangun hubungan kerjasama yang lebih solid di antara mereka. Secara keseluruhan, kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan layanan yang unggul dan memuaskan, yang akan meningkatkan daya saing kawasan Nusa Dua dalam sektor pariwisata.