D3 Divisi Kamar (DIK)

Profil Program Studi

Program Studi Diploma 3 Divisi Kamar (DIK) merupakan salah satu program studi vokasional yang memiliki tujuan menghasilkan lulusan untuk menjadi manajer tingkat menengah yang profesional di bidang Divisi Kamar. Lama pendidikan pada Program Studi Diploma 3 Manajemen Divisi Kamar adalah 3 tahun yang terdiri dari 6 semester. Lulusan dari Program Studi Diploma 3 Divisi Kamar memiliki peluang berkarir di berbagai bidang khususnya hotel, villa dan kapal pesiar.

Visi

Menjadikan program studi dengan lulusan yang professional, kompeten, unggul, berbudaya, berkepribadian Indonesia berstandar internasional dan berjiwa wirausaha di bidang Manajemen Divisi Kamar (Tata Graha dan Kantor Depan).

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi melalui proses pembelajaran yang kreatif, inovatif, kolaboratif dan menjunjung tinggi integritas.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat dan dunia industri perhotelan
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang Manajemen Divisi Kamar (Tata Graha dan Kantor Depan) dalam rangka meningkatkan kompetensi/ kesejahteraan masyarakat.
  4. Menjalin kerjasama dengan para pemangku kepentingan di tingkat nasional dan internasional.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten, profesional dan berjiwa wirausaha di bidang Manajemen Divisi Kamar (Tata Graha dan Kantor Depan) yang berstandar internasional; unggul, berbudaya dan berkepribadian Indonesia.
  2. Menghasilkan penelitian terapan di bidang Manajemen Divisi Kamar (Tata Graha dan Kantor Depan) yang dipublikasikan dan dimanfaatkan oleh masyarakat dan industri.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi ilmu pengetahuan terapan dan teknologi di bidang Manajemen Divisi Kamar (Tata Graha dan Kantor Depan) untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan ilmu pengetahuan terapan dan teknologi, mandiri dan membangun karakter di bidang kewirausahaan.
  5. Mewujudkan kerjasama dengan paru pemangku kepentingan untuk meningkatkan pelaksanaan Tridharma Program Studi.

Profil Lulusan

  1. Assistant Front Office
  2. Manager Assistant
  3. Executive Housekeeper
  4. Laundry Manager
  5. Wirausahawan Pemula

Kompetensi Lulusan

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  2. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  3. Menginternalisasi nilai-nilai hospitalitas, integritas, responsif, terpercaya, profesional (Global Code of Ethic of Tourism) dan berkepribadian dalam menjalankan tugasnya.
  4. Menunjukkan kinerja dengan mutu dan kuantitas yang terukur;
  5. Memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks sesuai dengan bidang keahlian terapannya, berdasarkan pemikiran logis dan inovatif, secara mandiri baik dalam pelaksanaan maupun tanggungjawab pekerjaannya.
  6. Melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dalam konteks penyelesaian pekerjaan tertentu yang ditugaskan;
  7. Mampu menerapkan teknik penyediaan layanan kantor depan dan tata graha dengan menggunakan metode, alat, bahan serta pemilihan SDM yang tepat.
  8. Mampu menggunakan sistem informasi hotel, teknologi dan peralatan yang tepat pada bidang kantor depan dan tata graha
  9. Mampu menerapkan operasional butler
  10. Mampu merangkai bunga dengan gaya tradisional dan modern
  11. Mampu melakukan komunikasi efektif dengan pelanggan
  12. Mampu melakukan pemasaran produk bidang kantor depan dan tata graha
  13. Mampu menerapkan prinsip prinsip higienis, sanitasi dan keselamatan kerja
  14. Mampu memberikan pelayanan sesuai dengan karakteristik budaya pelanggan
  15. Mampu melakukan pengawasan bidang kantor depan dengan mengikuti prosedur yang berlaku
  16. Mampu menerapkan kualitas pelayanan di bidang kantor depan dan tata graha

Dosen & Pengajar

Dr. I Gusti Ayu Putu Wita Indrayani, S.ST.Par., MM., CHE.

Lektor

Meraih gelar Doktor Manajemen di Universitas Udayana. Fokus riset pada bidang manajemen SDM, hospitaliti dan hotel.

I Made Sucipta Adnyana, SE., MM

Lektor Kepala

Meraih gelar Magister Manajemen di Universitas Wijaya Putra Surabaya. Fokus riset pada bidang pariwisata dan budaya.

Ida Ayu Sri Puspa Adi, S.Pd., M.Par.

Lektor Kepala

Ni Ketut Iswarini, SE., M.Si.

Lektor Kepala

Ni Ketut Sekarti,S.Pd.,M.Par

Lektor Kepala
Meraih gelar Magister Pariwisata di Universitas Udayana dengan spesialisasi hospitality, tourism dan SPA. Aktif pada Indonesian Housekeeper Association (IHKA), Assesor Tri Hita Karana (THK). Fokus riset pada bidang community based tourism.

Made Uttari Pitanatri SST.Par.,M.Par.,CHE

Asisten Ahli

I Gusti Ayu Niken Launingtia, S.S., M.Hum.

Asisten Ahli

Anak Agung Istri Ratna Sari Wulan, SE., M.Si.

Lektor Kepala

Putu Gede Eka Darmaputra, SE., M.Si.

Lektor Kepala

Dewa Gede Putra, SE., M.Par.

Lektor Kepala

I Wayan Seniartha, SE., MM., CHT

Lektor Kepala

Meraih gelar Magister Manajemen di Universitas Wijaya Putra Surabaya. Fokus riset pada bidang hospitaliti, kepariwisataan & laundry. Aktif pada Indonesian Housekeeper Association (IHKA), Laundry Association Bali (LAB) dan Tri Hita Karana (THK)

Ni Luh Dita Priliani, S.E., M.Tr.Par.

Asisten Ahli
Meraih gelar Magister Terapan Pariwisata di Politeknik Pariwisata Bali. Fokus riset pada bidang pariwisata dan perhotelan.

Ni Nyoman Suci Arthini, S.Pd., M.Pd

Lektor

Dr. I Gede Darmawijaya, S.Pd., M.Agb., CHE

Lektor Kepala

Meraih gelar Doktor Ilmu Agama dan Budaya di Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar dengan spesialisasi pariwisata budaya dan berkelanjutan. Aktif pada IHKA, ASTI, TPPN dan IAMTAF. Fokus riset pada bidang pariwisata budaya berkelanjutan dan desa wisata.

I Wayan Sunarsa, S.Pd., M.Par.

Lektor Kepala